18.11.10

Seputar Sauna

Photobucket 
Sauna merupakan ruangan tertutup yang dipanasi menggunakan pemanas kayu, pemanas listrik atau pemanas infra merah. Temperatur dalam sauna di antara 77 derajat hingga 110 derajat celsius.

Sauna merupakan budaya di Finlandia yang berkembang menjadi bagian dari jasa spa dan tempat kebugaran. Hal tersebut dikarenakan manfaatnya yang membuat orang merasa lebih rileks dan berbagai manfaat kesehatan.

Sauna yang menggunakan pemanas kayu biasanya digunakan di Finlandia karena sauna sudah ada di negeri tersebut berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sauna dengan pemanas elektrik dapat membuat ruangan menjadi sangat kering sehingga tidak baik untuk berdiam terlalu lama di dalamnya. Sedangkan sauna dengan pemanas infra merah membuat radiasi panas sehingga memanaskan kulit daripada udara sehingga menghasilkan keringat yang lebih baik, seperti yang dikutip dari care2.

Selama di dalam sauna, temperatur kulit meningikat hingga 40 derajat celsius sehingga membuat temperatur tubuh meningkat jadi 38 derajat celsius. Panas yang intens meningkatkan sirkulasi dara dan menghasilakn keringat mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit.

Sayangnya sauna tidak bisa dilakukan setiap orang. Mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi atau penyakit jantung harus berkonsultasi lebih dahulu kepada dokter. Hal yang serupa juga harus diwaspadai oleh ibu yang sedang hamil.

Sauna yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan kulit dan tubuh. Berikut ini beberapa tips aman bersauna.

1. Batasi bersauna antara 15 hingga 20 menit;
2. Jika Anda merasa pusing atau tidak enak badan, keluarlah dari ruangan sauna;
3. Minum air dingin yang cukup sebelum, selama dan sesudah sauna;
4. Hindari alkohol dan obat-obatan yang dapat menghambat keringan;
5. Jangan masuk sauna jika sedang sakit;
6. Singkirkan perhiasan sebelum masuk sauna. Logam yang panas dapat membakar kulit.

Source: wolipop.com

http://dbc-network.com/?id=oriflamework

By Sarah Rahmawati with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • Populer
  • Kategori
  • Arsip Blog